Ayunda W Savitri - Okezone
CALIFORNIA – Setelah lama diisukan, akhirnya Twitter resmi mengajukan Initial Public Offering (IPO) pada Kamis 3 Oktober. Ini berarti, perusahaan untuk kali pertama harus berani memperlihatkan laporan keuangannya kepada publik.
Layanan microblogging itu memang tengah mempersiapkan diri untuk meraup USD1 miliar dalam IPO-nya. Nah, banyak orang yang penasaran apakah keuangannya akan melebihi raksasa jejaring sosial Facebook sebagai kompetitor utama.
Sebagai perbandingan, berikut data tentang laporan keuangan dua jejaring sosial ternama itu, sebagaimana dikutip dari Cnet, Jumat (4/10/2013):
Twitter
Sisi finansial
Total pendapatan pada 2012 mencapai USD317 juta, dengan kontribusi dari iklan sekira USD269 juta. Sebagai perbandingan, selama enam bulan atau semester pertama tahun ini total pendapatan perusahaan mencapai USD253 juta, dengan kontribusi dari iklan sebesar USD220 juta.
Pendapatan internasional pada tahun lalu mencapai USD53 juta. Sedangkan, pada semester awal tahun ini, Twitter berhasil meningkatkan pendapatan internasionalnya mencapai USD62,8 juta.
Kemudian pendapatan per 1.000 iklan di timeline ketika 2012 hanya mencapai USD0,24. Sedangkan, semester pertama 2013 berhasil naik menjadi USD0,30.
Sisi pengguna
Pengguna aktif bulanan Twitter mencapai 220 juta orang, dengan pengguna aktif harian diperkirakan lebih dari 100 juta orang dan jumlah pengakses aktif layanan melalui perangkat mobile sebanyak 165 juta orang.
Facebook
Sisi finansial
Pendapatan fiskal tahun lalu mencapai USD5,4 miliar. Menyoal pendapatan kuartal kedua di 2013 ini, raksasa jejaring sosial itu sudah mengantongi USD1,8 miliar. Di sisi lain, pendapatan dari iklan di kuartal kedua tahun ini berjumlah USD1,8 miliar dan iklan dari perangkat mobile mencapai USD656 juta.
Perusahaan berhasil mendapat laba senilai USD488 miliar selama di kuartal dua, dengan rata-rata pendapatan per pengguna di seluruh dunia sebesar USD1,60; rata-rata pendapatan per pengguna di AS dan Kanada sebesar USD4,32; rata-rata pendapatan per pengguna di Eropa senilai USD1,87; dan rata-rata pendapatan per pengguna di Asia sebesar USD0,75.
Sisi pengguna (users)
Facebook memiliki jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 1,15 miliar orang, di mana pengguna aktif hariannya mencapai 669 juta orang dan pengguna aktif bulanan melalui ponsel sejumlah 819 juta orang. (amr)