MARAKNYA transaksi jual-beli secara online saat ini menjadi berkah tersendiri bagi perusahaan jasa pengiriman dan logistik terbesar di Indonesia yakni PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).
Pada 2015 saja, PT JNE berhasil mengukuhkan peningkatan jumlah pengiriman barang. Total sebanyak 12 juta pengiriman, meningkat 4 juta dari 2014.
Lalu dari jumlah tersebut, sebanyak 70 persen pengiriman berasal dari transaksi toko online yang dilakoni para pebisnis mula seperti usaha kecil dan menengah (UKM).
Sadar akan hal tersebut, JNE kini menghadirkan sebuah aplikasi yang dapat mengakomodasi dan memenuhi segala aktivitas serta menjamin keamanan transaksi jual-beli online. Aplikasi apakah itu?
“Sebagai perusahaan yang terpercaya, kami berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan industri logistik Indonesia. Hal ini selaras dengan komitmen pemerintah untuk menitikberatkan pada sektor perdagangan, di mana JNE menjadi salah satu penyokongnya,” papar Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi di acara `7 Magnificent` pada Senin 29 Februari 2016 di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, JNE memperkenalkan tujuh program unggulan terbarunya di 2016.
My JNE sendiri adalah sebuah aplikasi mobile terbaru yang diluncurkan JNE sebagai wujud nyata dukungan terhadap tumbuh kembangnya toko online yang kian menjamur.
Melalui My JNE, pelaku UKM toko online dan pembeli dapat mengetahui proses pengiriman serta memastikan proses penerimaan paket.
Selain itu, pengguna dapat mencari informasi tarif dan mengetahui kantor JNE terdekat sehingga tidak perlu repot lagi mengakses website JNE hanya untuk melacak atau mencari informasi tarif pengiriman. Praktis kan?
Kelengkapan fitur yang terdapat pada aplikasi My JNE bukan saja memudahkan pelanggan, tapi juga memberikan pengalaman berbeda. Misalnya saja fitur Search Air Waybill atau pelacak proses pengiriman dan penerimaan barang dengan memasukan nomor atau barcode resi pengiriman, pelanggan bisa dengan mudah mengetahui proses pengiriman dan status barang yang dikirim.
Untuk mencari dan mengetahui kantor atau agen JNE terdekat, fitur JNE Nearby dapat dimanfaatkan dengan mengaktifkan fitur GPS.
Kemudian yang paling baru, di My JNE terdapat fitur My COD (cash on digital). Fitur ini memudahkan pelanggan melakukan pembayaran tiap transaksi langsung melalui aplikasi tersebut, semacam rekening bersama. Ketersediaan fitur itu semakin lengkap dengan adanya fitur My COD Wallet. Fitur ini dapat membuat pelanggan bisa menjadikannya wadah menyimpan uang yang bisa digunakan sewaktu-waktu.
Untuk menikmati layanan dasar di aplikasi My JNE, seperti melacak dan mencari informasi tarif pengiriman barang serta lokasi kantor atau agen JNE terdekat, pengguna tidak perlu melakukan registrasi. Namun untuk menikmati layanan My COD atau MY COD Wallet, setiap pelanggan harus melakukan registrasi dengan melengkapi persyaratan pendaftaran sebagai anggota.
Dengan beragam fitur yang tersedia di dalam aplikasi My JNE, aktivitas jual-beli online seperti transaksi dan proses pembayaran barang dapat dilakukan hanya dalam genggaman. Keamanan serta kenyamanan pelanggan pun terjamin.
“Kami akan terus berupaya membangun layanan yang mengakomodasi kebutuhan pengguna yang terus berubah dengan cepat. Adaptasi terhadap situasi tersebut kami tuangkan dengan semangat melahirkan terobosan produk yang baru dan inovatif,” kata Feriadi.
Aplikasi My JNE kini juga sudah tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh secara gratis. (adv)