Finmas Buka Potensi Keuangan Masyarakat Kecil Lewat Teknologi
18 April 2019, 09:00:02 Dilihat: 174x
Jakarta - Mencapai inklusi finansial tak hanya terpenuhi dengan pemberian kredit, tetapi dibutuhkan pendidikan untuk memahami penggunaan pinjaman dan pembiayaan yang bertanggung jawab, cara mengatur keuangan pribadi dan keluarga yang baik serta mengerti seluk beluk mengelola bisnis, sehingga masyarat menjadi melek finansial.
Memiliki kemampuan menganalisis dan memanfaatkan pengetahuan untuk membuat keputusan keuangan yang baik adalah keterampilan inti untuk berhasil di dunia saat ini.
Di zaman berteknologi modern seperti sekarang ini sungguh menyedihkan untuk melihat masih banyak orang-orang disekitar kita yang terpinggirkan.
Para generasi digital native dan investor yang berhati filantropis melihat kenyataan ini dan menilai bahwa teknologi dapat menjadi akselerator dan penyeimbang sehingga bermanfaat dan berdampak positif bagi kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat luas.
Hal yang diperlukan adalah sekumpulan orang yang berani untuk membawa perubahan dan tanggap melihat keadaan ini sebagai peluang bisnis. Masalah keuangan dapat diatasi dengan perhatian dan pengertian layaknya seorang sahabat.
Peter Lydian, Presiden Direktur Finmas mengatakan, Finmas bertujuan untuk membantu jutaan orang Indonesia (terutama masyarakat kecil) membuka potensi keuangan mereka melalui pendekatan #SahabatFinansial yang didasarkan pada prinsip-prinsip tanggung jawab, keamanan, kenyamanan, dan keterjangkauan.
"Kami bersyukur menerima dukungan dan bimbingan OJK dan Sinar Mas di samping sumber daya dan keahlian teknologi dari Oriente dalam perjalanan kami untuk menjangkau setiap pengusaha mikro dan konsumen Indonesia yang kurang terlayani,” ujar Peter dalam keterangannya, Senin (15/4/2019).
Ia mengklaim, sahabat finansial masyarakat itu adalah teknologi. Penetrasi smartphone telah memajukan serta menata ulang digitalisasi sektor finansial, memudahkan akses keuangan dan merubah pola-pikir dan perilaku masyarakat Indonesia, serta membuat sistem ekonomi Indonesia menjadi lebih efisien.
"Dengan demikian digital menjadi platform utama koneksi antar-lembaga untuk melayani konsumen. Kegiatan bisnis offline masyarakat akan diintegrasikan dengan kemudahan online para pemain atau lembaga penyedia keuangan," ucap Peter menambahkan.
Ia melanjutkan, teknologi juga menjadi sahabat konsumen yang memberdayakan masyarakat untuk mengubah pola pikir dan perilaku mereka, menciptakan generasi yang terpelajar dan Fintelect.
"Teknologi merupakan sahabat publik yang mampu memberdayakan kemajuan dan pemerataan ekonomi dengan menyediakan akses ke kredit, membangun identitas finansial, membuka kunci potensi kemandirian finansial," imbuhnya.
Sumber : liputan6.com